Thursday, March 31, 2011

Penyesalan Selalu Datang Terlambat....-_-"

Sebenernya, yang namanya penyesalan itu kan manusiawi yaahh?? Tapi...rasanya tetep aja ngga enak kalo lagi ngalaminnya. Bener ngga sih??

Penyesalan bisa hadir dalam beraneka macam sisi kehidupan kita. Penyesalan dalam hal pendidikan, penyesalan dalam hal pekerjaan, penyesalan dalam hal cinta, bahkan penyesalan atas pilihan2 yang kita buat sendiri. Kalo sudah mengalami penyesalan, pasti rasanya ingin mengulang kembali waktu. Tapi, itu kan sesuatu hal yang tidak mungkin kan? Waktu adalah harta yang paling berharga yang tidak bisa kembali.

Bagaimana caranya biar tidak menyesal di kemudian hari? Apa mungkin seseorang itu mengusir penyesalan?? Hmm, suatu permenungan lagi dech....

Bagi saya, sebetulnya merupakan hal yang konyol kalau kita menyesal terhadap pilihan2 yang kita buat dimasa lalu, karena itulah pilihan kita, keputusan kita, dan itulah yang memang kita inginkan ketika kita memutuskannya. Tapi, ketika segalanya tidak berjalan sesuai dengan harapan kita, dengan apa yang kita inginkan dan tujuan yang ingin kita capai, tiba2 perasaan penyesalan itu muncul. Dan kata yang kemudian sering terlontar adalah..."Seharusnya saya begini", "Kalau saja waktu itu, saya begitu", dan sebagainya.

Bagaimana supaya tidak menyesal?? Mungkin jawaban yang paling tepat adalah: BERSYUKUR!! Bersyukur karena setidaknya kita telah melangkah, bersyukur karena walaupun kita gagal, kita telah mendapatkan pengalaman dan pelajaran yang berharga, bersyukur karena kita semakin didewasakan dalam pengambilan keputusan di masa depan, dan masih banyak hikmah yang lain yang akan kita temukan saat kita sungguh2 dapat bersyukur.

Bersyukur: Sebuah kata yang sebenarnya sangat sederhana tapi kadang kita sulit melakukannya! Apalagi kalau kita memandang kekayaan orang lain, kesuksesan orang lain, ketenaran orang lain, dan keadaan2 lain yang sebenarnya kita inginkan tapi belum terwujud. 

Penyesalan, akan menimbulkan keluhan tak henti. Penyesalan mungkin akan selalu ada dan tak terpisahkan dalam kehidupan manusia, tapi setidaknya...kita dapat mengurangi rasa penyesalan dengan belajar untuk memaafkan diri sendiri, belajar untuk menerima diri, belajar untuk mengakui segala kekurangan dan kelemahan kita.

Mari menetapkan HATI, mari meneguhkan HARAPAN, mari melangkah dengan penuh RASA SYUKUR. NEVER REGRETS!!!

1 comment:

  1. ..hahaha..sebagai manusia, dengan segala keterbatasannya, pasti pernah dan mungkin akan menyesal di kemudian hari...manusiawi! tapi 1 yang tidak pernah boleh dilupakan, terus lah melangkah,seberapapun menyakitkannya sesal yang datang, karena tidak pernah ada yang sia-sia di dalam Dia. Take your chances! the regret shall be if we're not taking the opportunities lie ahead. keep your head up!

    ReplyDelete