Wednesday, April 6, 2011

Manusia itu UNIK bin AJAIB ya???


Orang bilang, semakin bertambahnya umur, manusia akan semakin didewasakan dan semakin bijaksana.....
Saya kurang setuju tuh sama pernyataan itu, hehehe.
Bagi saya, kedewasaan dan kebijaksanaan itu sama sekali tidak ditentukan oleh umur. Bener2 ngga ada hubungannya malah. Age is only a number. Tapi kedewasaan dan kebijaksanaan itu menyangkut masalah lain yang lebih dalam.

Ada seorang teman saya yang "cukup berumur" alias jauh lebih tua dari saya....tapi tingkah lakunya, bener2 tidak dewasa! Dia menganggap semua orang wajib mengikuti semua keinginannya. Kalo keinginannya ngga terpenuhi dia ngambek, dia akan pasang "muka jelek"nya dan "merengek2" seperti anak kecil. Padahal kalo diitung2 mungkin orang SEUMURAN dia cocok untuk jadi mama saya, karena saya pun memang memanggil dia, TANTE!

Lain lagi sama teman saya yang juga umurnya lebih tua dari saya. Secara kasat mata, dia terlihat dewasa....INGAT, secara kasat mata! Lalu, cobalah mengenalnya lebih dalam....cobalah bekerja sama dengannya dalam satu organisasi kepengurusan atau dalam hal2 lain yang lebih serius. OMG! Kalo umur memang menentukan, berarti ada yang salah dalam otaknya...hahaha. Dia selalu "melemparkan" tanggung jawabnya, dia ngga pernah mengurus segala sesuatunya sampai tuntas...kalau udah mentok, dia akan langsung menyerahkannya ke saya dan meminta saya membereskannya. Kalo udah menyangkut urusan yang lebih rumit, dia akan langsung menghindar dan membiarkan saya yang melakukannya. HhHhhHH....benar2 orang yang merepotkan!

Ok, sekarang temen saya yang lain lagi....Dia menganggap dirinya sudah "dewasa", karena menurutnya dia sudah memiliki pengalaman hidup yang sudah lebih dari cukup untuk mendewasakannya. Tapi ternyataaaaaaa.....hahahaha, dia teman PALING bahkan SUPER "AJAIB" yang saya kenal. Hehehehe.

Saya kenal orang2 yang terkategori "psiko", saya juga kenal orang2 dengan kategori "insecure", saya tau beberapa orang yang "picik", saya juga tau orang2 yang selalu "usil" dan mau ikut campur urusan orang lain, selalu ingin terlibat bahkan ingin tau kehidupan pribadi seseorang, bukan untuk membantunya, hanya sekedar usil aja...dan ingin menjadikannya gossip terhangat atau hanya sekedar untuk menjadikan tolak ukurnya untuk menilai seseorang. Ada beberapa orang yang seperti semut, hanya mengerubungi gula...kalau gulanya habis, maka dia akan pergi. Ada orang2 munafik yang selalu tersenyum didepan, tapi menusuk dibelakang. Ada orang2 yang terlalu "buta" sampai tidak mampu melihat balok di matanya tapi mampu melihat selumbar pada mata orang lain.

Namun ada beberapa orang sahabat, yang sungguh2 dewasa dan bijak. Bukan ditentukan oleh berapa usianya saja, tapi juga memang dia mampu berpikir dan bertindak bijak. Biasanya sahabat yang seperti ini yang memang memiliki kehidupan doa yang baik, dan pasti telah mengalami BANYAK cobaan dari Sang Pencipta, berhasil mengatasinya dan tetap setia menjalaninya dengan sabar serta penuh pengharapan.

Saya menulis semua ini, tidak bermaksud untuk membicarakan orang, tidak ada maksud pula untuk mengejek dan menghina orang, dan bahkan tidak ada niat sama sekali untuk menyindir siapapun. Saya menulis ini, hanya ingin menggambarkan betapa Tuhan itu sangat HEBAT!!! Dia menciptakan setiap manusia itu UNIK dan AJAIB! Berbagai jenis wajah, bermacam2 sifat, beragam karakter dan tidak ada seorang pun yang sama! Luar biasa bukan???

Jadi, sebagai pribadi yang unik, kita dituntut untuk mampu menghargai keunikan orang lain, kita belajar untuk memahami dan bertoleransi dengan sesama kita. Keegoisan manusia sendirilah yang membuat seseorang menjadi "buta" bahkan "membutakan" diri terhadap sesama. Hargai, tetap sabar, belajar bertoleransi, selalu terbuka dan membuka diri untuk melihat keunikan seseorang, semoga justru menjadikan kita pribadi yang lebih baik, lebih sempurna, lebih dewasa dan lebih bijaksana.

Mari menjadikan diri kita bejana yang selalu siap dibentuk! Mari jadikan diri kita terbuka untuk melihat bahwa manusia itu unik dan kita dituntut untuk menghormati dan menghargainya, tapi juga kita mau tetap terbuka untuk selalu menerima PENGAJARAN bahwa keunikan yang kita miliki itu sebaiknya sungguh2 keunikan yang berasal dari Sang Maha Bijaksana, tidak menyusahkan dan tidak justru meresahkan sesama kita. BE UNIQUE!!!

1 comment:

  1. Hahaha..setiap orang itu berbeda, karena perbedaan itulah, kita saling belajar mengenal. Seperti gue pernah baca, seharusnya perbedaan adalah awal untuk mempersatukan dan memperkaya dunia. bayangkan kalo semua sama, apa bedanya lo sama gue? ga ada? Oh wow..what a boring life! Anyway, just be yourself! gth with others..:-)

    ReplyDelete