Thursday, June 27, 2013

Reading??? Hmmm.......

Inget ga, dulu jaman2 kita masih SD or SMP? Ehh, waktu masih SMU juga kayanya ada dech, momen2 dimana antar teman saling bertukar data pribadi? Seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, hobi, cita-cita dan sebagainya? Hehehe, momen-momen gitu kadang-kadang suka bikin ngangenin yaaa.....

Saya inget banget, dulu saya kalo ngisi bagian hobi ituuuu, suka bingung sendiri. Trus saya 'nyontek' dech ke temen-temen saya yang lain pada ngisi apa. Mereka rata-rata nulis 'Membaca'. Hmm, saya pikir kayanya keren juga ya hobi baca itu. Kan kesannya tau banyak hal dengan membaca, terdengar pintar dan serba tau dech intinya. Lama kelamaan, saya menjadi terbiasa menulis hobi saya "membaca" tiap saya isi data-data pribadi.

Setelah semakin dewasa, saya baru sadar kalau selama ini yang saya pernah baca itu adalah komik,majalah-majalah anak kecil dan cerita-cerita yang super pendek aja. Begitu dihadapkan dengan buku baru yang agak tebal sedikit, saya langsung kepikiran, berapa lama ya selesainya? Hehehe. Semakin dewasa lagi, saya mulai melirik novel-novel, baik cerita kisah asmara maupun cerita-cerita detektif yang penuh teka-teki dan misteri. Seru sihhh, sangat penasaran membacanya langsung sampai habis. Lalu mulai mencoba baca topik-topik yg sedikit lebih berat, seperti motivasi, pengembangan diri, dan topik agak berat lainnya.

Sekaranggg....saya bersahabat dengan maniac bacaaaaa. Hahaha. Dia itu sangat, sangat, sangat suka membaca. Dia bisa punya koleksi satu rak penuh buku-buku yang terpajang di suatu toko buku. Luarrrr biasaaa, saya sampe melongo dengernya. Busyedd, niat amat dia baca? Kapan waktunya dia baca, secara dia sibuk tiap hari dari pagi sampe malem? Kapan dia beli bukunya? Gimana cara dia temukan topik-topiknya? Pokonya banyak dech yang saya heran dari dia. Dan semakin kenal dia, saya semakin sadar kalau saya itu sebenernya ga hobi baca. Saya cuma baca kalau saya bener-bener suka sama topiknya. Kalau saya udah denger-denger kalau buku itu bagus dan menarik, kalau buku itu udah best seller banget. Semua buku yang saya beli, kadang ga tau kapan beresnya. Hehehe.

Sekarang, saya dalam proses meningkatkan pengetahuan saya ceritanya sih. Proses belajar menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Terus terang, saya banyak tanya sama sahabat saya yang maniac baca itu secara pengetahuan dia lebih banyak (menurut penilaian saya sih begitu yaaa). Tapi....tau ga jawaban saya tiap kali saya tanya ini dan itu?? Dia cuma bilang: "Makanyaaaa BACAAA!!!" Hahahahaha. Jleb, jleb, jleb gitu rasanya.

Emang sihh, dengan membaca kita bisa belajar banyak hal, bisa keliling dunia juga dengan membaca, bisa dapet banyak pengalaman berharga, bisa pinterlah yang pasti. Tapi gimana donk menn, saya lebih suka nonton dibanding bacaaa. Hahaha. Yupp, I know you respect reading than watching something. Mungkin ini salah satu hal yang membedakan kita ya?

Tapi saya juga belajar bahwa apa yang dianjurkan oleh sahabat saya itu merupakan hal yang tepat. Secara kita sudah lulus dari sekolah dan tidak ada lagi guru yang akan menilai apakah pekerjaan kita itu benar atau tidak. Sekarang, in the real world, kalau kita tidak mau terus belajar, kita akan terhimpit oleh dunia disekitar kita. Oke menn, I got it!

Thanks ya buat sahabat saya yang ga bosen-bosennya mencekoki saya dengan buku-buku. Semoga kamu bisa menulari hobi membaca kamu ke saya, supaya saya bisa jadi lebih pintar lagi. Sekarang, buat yang belum hobi baca, ayo sharing sama saya buat berbagi tips gimana caranya biar bisa tetep antusias membaca dan terutama membagi waktu antara kegiatan sehari-hari dengan waktu membaca. Mariii semangatttt membacaaaa. Hehehe.

No comments:

Post a Comment